Cryptocurrency Sebagai Alternatif Uang Konvesional

- Advertisement -

Cryptocurrency adalah mata uang digital, menurut statista.com saat ini terdapat lebih dari 10.000 coin crypto yang telah tersebar diseluruh dunia termasuk didalamnya Bitcoin, BNB, ETH, dll. Meskipun di Indonesia masih banyak ruang perdebatan mengenai legal atau tidaknya mata uang crypto, namun saat ini siapa yang tidak mengenal mata uang crypto?

cryptocurrency number
image by : statista.com

Cryptocurrency menawarkan system mata uang yang mampu menawarkan kuasa penuh terhadap pemilik uang tanpa harus melalui pihak ketiga dalam hal ini institusi perbankan. Dengan cryptocurrency setiap orang dapat melakukan transaksi keuangan langsung secara realtime dan tanpa perantara.

Cryptocurrency Berpengaruh Pada Perekonomian

Sebagai mata uang digital yang telah diterima banyak oleh beberapa negara di dunia sebagai alat tukar dan pembayaran maupun investasi serta diperjualbelikan tentu saja mau tidak mau cryptocurrency akan berpengaruh pada perekonomian. Di Indonesia sendiri jika kita tidak dapat mengelola potensi ini dengan baik pasti akan sangat merugikan bagi negara. Bayangkan jika para investor menginvestasikan uang mereka di cryptocurrency dan membelanjakannya pada perusahaan jual beli crypto yang bukan dimiliki otoritas nasional, tentu saja perputaran uang para investor akan terjadi diluar negeri bukan didalam negeri dan secara nasional.

Beberapa negara – negara besar seperti Jepang dan Korea misalnya yang memiliki keterikatan hubungan ekonomi dengan Indonesia sudah mulai menerima cryptocurrency sebagai mata uang digital. Jika terjadi krisis cryptocurrency dan mempengaruhi negara – negara tersebut, otomatis akan berdampak juga dengan perekonomian dalam negeri kita.

Saat ini potensi cryptocurrency masih kurang dimaksimalkan di Indonesia, karena belum banyak expert dibidang ini. Sedangkan jika kita berkaca tentang apa yang telah dilalui oleh Bitcoin sebagai salah satu coin cryptocurrency, banyak orang yang hidupnya berubah drastis secara ekonomi dari yang tidak punya apa – apa sampai akhirnya bisa membeli kapal yacht. Namun banyak juga orang yang salah dalam melakukan investasi di cryptocurrency sehingga menjadi bangkrut.

Masih banyak potensi dari cryptocurrency yang bisa di explorasi lebih jauh lagi, mengingat teknologi yang menjadi tulang punggung dari cryptocurrency adalah Blockchain. Saat inipun berkembang NFT, dimana karya seni gambar digital menjadi lebih bernilai tinggi secara ekonomi karena teknologi blockchain membuatnya menjadi unik dengan sertifikasi digital yang jelas sehingga tidak bisa diperjualbelikan dan dicopy dengan mudah.

Nilai fluktuasi cryptocurrency yang sangat dinamis mungkin bisa menjadi alasan penghalang untuk menggunakannya. Namun saat ini telah diciptakan coin cryptocurrency dengan nilai yang stabil dan mengacu pada mata uang yang telah biasa digunakan secara konvensional, sebut saja BUSD, USDT yang nilainya 1:1 dengan mata uang USD.

Yang perlu menjadi perhatian ketika ingin berinvestasi di cryptocurrency adalah kita harus memiliki bekal pengetahuan yang cukup pada bidang ini dan jangan sekali kali hanya bermodal ikut – ikutan orang lain. Sehingga apa yang kita lakukan dapat kita pertanggung jawabkan dimasa yang akan datang. Jangan pernah juga sekali kali menitipkan dana investasi kepada pihak ketiga tanpa kita mengetahui latar belakang dan pengetahuan yang cukup tentang sistem investasi ini.

- Advertisement -
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Share post:

Radio Stream

Popular

More like this
Related

Potensi Ekonomi Digital Di Sumatera Selatan

Sumatera Selatan, sebuah provinsi yang kaya akan budaya dan...

Monkey Business: Fenomena, Dampak, dan Cara Menghindarinya dalam Dunia Keuangan

Pengertian Monkey Business Dan Saham Gorengan Monkey Business merujuk pada...

Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Peningkatan Sumber Daya Manusia Di Sumatera Selatan

Berkenalan Dengan Revolusi Industri 4.0 Revolusi Industri 4.0 telah menjadi...

Peran Infrastruktur Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Selatan

Penggunaan teknologi digital telah berkembang pesat dalam beberapa tahun...
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x